Popular Posts

Robot Soccer





Robot Soccer


Robosoccer adalah salah satu jenis mobile robot sederhana yang dapat bergerak sesuai perintah yang diberikan dari remot kontrol dapat berupa maju, mundur, belok kiri, dan belok kanan. Untuk aplikasi dalam sepak bola pergerakan robot dapat digunakan untuk menggiring bola dan menendang bola. Robosoccer merupakan robot analog murni yang perintah geraknya dilakukan oleh pengendali (user) melalui remot kontrol yang dihubungkan dengan rangkaian elektronik dari robot. Rangkaian elektronik ini berupa driver motor DC yang dapat mengatur pergerakan motor dan pergerakan robot pada keseluruhan baik maju, mundur, dan belok.
Struktur Sistem Robot
            Robosoccer merupakan robot analog yang dikendalikan secara manual melalui sebuah remot kontrol. Pada aplikasi yang lebih canggih, robosoccer dapat dikendalikan meleui remot kontrol wirelesssehingga dapat dikendalikan jarak jauh. Untuk sistem dari Robosoccer dapat dijelaskan melalui blok diagram berikut ini :
Remote Control
Remote control adalah pengendali dari pergerakan robot baik itu maju, mundur, belok, dan menendang. Pada bagian ini terdiri dari beberapa tombol yang tiap tombolnya merupakan perintah dari pergerakan robot. Pada remot lamgsung dihubungkan dengan baterai 9 V sebagai sumber tegangan sekaligus penghasil arus. Arus dari baterai ini akan masuk ke driver motor (H-Bridge) untuk menggerakkan motor DC sebagai sumber penggerak robot. Pada prinsipnya remot pada robosoccer hanya berfungsi sebagai switch yang menghubungkan arus dari baterai ke driver motor DC.  Sebagai tombol pada remot kontrolnya kami menggunakan push button. Berikut ini adalah cara kerja dari push button sebagai switch pada rangkaian robosoccer :
Driver Motor DC (H-Bridge)

Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk menggerakkan Plant (Objek) yaitu Motor DC dimana perubahan arah motor DC tersebut bergantung dari nilai tegangan yang diinputkan pada input dari Driver itu sendiri. Pada modul ini dibuat suatu konsep Driver        H-Bridge (dinamakan H-Bridge sebab bentuk driver ini jika dicermati mirip huruf H dan bekerja seperti Bridge atau Jembatan yang berfungsi melewatkan arus dari tegangan supply positif ke motor kemudian ke ground) sehingga diharapkan respon dari remot kontrol ke pergerakan motor sangat cepat. Untuk itu digunakan transistor tipe 901x yang mampu memadukan antara kecepatan dan transfer arus yang besar. Selain itu transistor jenis ini juga low cost.
Dan secara keseluruhan PCB dari rangkaian robot soccer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Plant (Motor DC)
Motor DC merupakan alat penggerak dari robot. Motor DC memilki konstruksi yang cukup sedehana, dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Cara kerja dari motor Dc cukup sederhana. Pada saat ada arus yang masuk kedalam motor melalui kutub-kutub motor maka akan terjadi momen kopel yang akan memberikan force (gaya) untuk memutar motor. Untuk arah putaran motor tergamtung dari arah arus yang masuk ke motor. Karakteristik itulah yang mengawali ide dari pembuatan H-Bridge sebagai driver motor DC.
SUMBER  : http://mediajasatama.wordpress.com/robot-soccer/




Share your views...

0 Respones to "Robot Soccer"

Post a Comment

 

About Me

Recent Posts

Our Partners

© 2010 Eltro IT All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info